Home / Berita Umum / Warga yang Terdampak Akibat Kebakaran Gunung Merbabu Makin Meluas

Warga yang Terdampak Akibat Kebakaran Gunung Merbabu Makin Meluas

Warga yang Terdampak Akibat Kebakaran Gunung Merbabu Makin Meluas  – Kebakaran di Gunung Merbabu belum padam. Masyarakat yang terdampak langsung karena kebakaran makin meluas. Sekarang ini sekurang-kurangnya 4 dusun di Kabupaten Semarang praktis tidak dapat memperoleh air bersih sebab pipa penyalur dari mata air hangus terbakar.

Camat Getasan, Bustomi Hartanto, menjelaskan yang terdampak kebakaran Gunung Merbabu ialah Dusun Thekelan serta Ngelo di Desa Batur serta Dusun Ngaduman serta Gedong di Desa Judul. Kedua-duanya masuk Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

“Efeknya masyarakat kesusahan air bersih sebab pipa dari sumber mata air di Merbabu terbakar,” tuturnya, Rabu (17/10/2018) pagi.

Mengenai yang pertama didapati terdampak ialah Dusun Thekelan lalu ikut Dusun Ngelo. Sesudah itu di Dusun Ngaduman serta Gedong. Selama ini, masyarakat lalu ambil air yang jaraknya seputar 4 km dari Dusun Ngaduman serta Gedong.

“Jika Ngaduman itu dusun paling tinggi, lalu usahanya masyarakat ambil air ke bawah seputar 4 km,” katanya.

Untuk jumlahnya KK, tuturnya, Dusun Ngaduman serta Gedong ada seputar 200 KK, lalu Ngelo ada seputar 50-an KK. Sedang untuk Dusun Thekelan serta Ngelo telah dikerjakan droping air bersih.

Selain itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Semarang, Heru Subroto, ikut membetulkan jika 4 dusun itu sekarang terdampak langsung kebakaran di Gunung Merbabu.

About admin