Sebuah Industri Rumahan Miras Jenis Arak di Tuban Digerebek Polisi

Sebuah Industri Rumahan Miras Jenis Arak di Tuban Digerebek Polisi – Satu industri rumahan (home industry) minuman keras type arak di Tuban, digerebek polisi. Pemilik rumah produksi arak ini turut diamankan.

Suwarno (50), masyarakat Tegalagung, Kecamatan Semanding, Tuban tidak dapat berdaya waktu tempat tinggalnya digerebek petugas dari polres Tuban. Waktu digerebek, ia tengah menghasilkan miras type arak di rumahnnya.

Dari penggerebekan ini, polisi beberapa perlengkapan untuk bikin arak. Diantaranya berbentuk 3 dandang besar, 3 tungku kompor, belasan tabung elpiji ukuran 3 Kg, dan 1.500 liter arak 1/2 jadi dalam satu drum serta 3.200 liter arak di 7 kolam penampungan.

“Kami tentukan pemilk pabrik rumahan miras ini menjadi terduga. Kelihatannya aktor ini tidak kapok. Walau sebenarnya, dahulu istrinya sempat juga diamankan sebab masalah miras serta aktor ini sempat juga masuk bui,” kata Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono di tempat penggerebekan, Selasa ( 02/4/2019).

Untuk mengelabuhi masyarakat seputar serta polisi, Suwarno menyulap ruangan dapur tempat tinggalnya jadi tempat pemrosesan miras type arak.

“Polisi tidak berhenti tangkap beberapa aktor peredaran miras di Tuban. Beberapa aktor ini nekat sebab tergiur omzet yang besar sekali,” tutur Nanang.

Suwarno mengakui usaha produksi arak jadi mata pencahariannya keseharian. Usaha haram ini sempat ia tekuni sebelum penggerebekan ini, tetapi sudah sempat vakum.

“Baru buat ini sesudah lama tidak buat,” terangnya.