Home / Kesehatan / Salah Satu Manfaat Rasa Bahagia, Bikin Tubuh Sehat

Salah Satu Manfaat Rasa Bahagia, Bikin Tubuh Sehat

Setiap manusia memang memiliki rasa untuk bahagia. Jika manusia bahagia, di setiap langkah harinya akan selalu menyenangkan dan terasa ringan. Sebaliknya, jika orang sedang tak merasa bahagia atau mengalami setres, hari-harinya akan terasa sangat melelahkan selain itu stres juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Maka dari itu, manusia dianjurkan untuk tetap merasa bahagia, karena rasa bahagia akan berdampak bagus dalam kesehatan juga lho ternyata.

Selama 50 tahun belakangan ini, para ilmuwan sudah menemukan bahwa tubuh dan pikiran bukan hanya memiliki keterkaitan, akan tetapi juga terjalin begitu erat serta saling memberi pengaruh satu sama lain. Sejumlah studi juga mengungkapkan bahwa hubungan antara otak, pikiran, serta sistem imun. Salah satunya mengklaim, bahwa orang yang lebih sering mengalami stres lebih rawan mengalami sakit flu.

Kondisi emosional semacam stres, takut, atau rasa amarah, bakal memberikan sinyal ke kelenjar utama di tubuh untuk melepaskan hormon tertentu, seperti hormon kortisol, adrenalin, serta epineprin.

Hormon itu membuat semua sel-sel selalu siap berjaga dan enggan untuk beristirahat. Kalau kita memang mendaoati ancaman di zaman purba contohnya sedang melawan binatang buas kondisi waspada itu sangat berguna. Namun di kehidupan modern ini malah sangat merugikan. Hasilnya, potensi tubuh menghadapi penyakit dari luar menjadi berkurang, dan tekanan darah turut meningkat. Maka dari itu, rasa bahagia akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dalam semua hal.

About admin