Rimba Di Gunung Lawu Terbakar Karena Angin Kencang Hingga Luas

Rimba Di Gunung Lawu Terbakar Karena Angin Kencang Hingga Luas – Rimba di Gunung Lawu yang kembali terbakar sesudah satu minggu padam sekarang makin meluas. Angin kencang jadi pemicu dibalik meluasnya ruang rimba yang terbakar.

” Kebetulan angin benar-benar sangat kencang ini hingga api cepat merambat makin meluas. Pagi hari ini kita kerahkan petugas untuk lakukan pemadaman, ” kata Waka ADM KPH Lawu Adi Nugroho waktu dihubungi, Selasa (4/9/2018).

Usaha pemadaman dikerjakan dengan mengerahkan petugas Perhutani dibantu masyarakat yang tinggal di seputar rimba. ” Masih fokus pada pemadaman lewat cara manual, dengan membuat ilaran (pembersihan semak kering dengan melingkar bukit). Untuk luas berapakah kita belumlah kenali, ” imbuhnya.

Ditambahkan Adi, kebakaran baru di ketahui saat masyarakat lihat ada titik api dari terlalu jauh di hari Senin (3/9/2018) seputar jam 18. 30 WIB. Diprediksikan tempatnya ada disamping utara Gunung Lawu yang ada di lokasi Ngawi.

Pantauan sampai jam 06. 00 WIB, titik api terlihat jelas dari terlalu jauh tampak, bahkan juga dari Kota Madiun yang berjarak seputar 70 km. Api terlihat merambat ke atas dari bagian samping utara lokasi Ngawi.

Satu minggu lantas kebakaran di Gunung Lawu bisa dipadamkan sesudah 2x alami kebakaran. Kebakaran pertama berlangsung pada 17 Agustus 2018 serta padam 21 Agustus 2018. Kebakaran ke-2 pada 22 Agustus 2018 serta api bisa dipadamkan pada 27 Agustus 2018.