Porsi gadget buat anak

Pada era modern saat ini, anak-anak berkembang dengan paparan gadget secara langsung. Tentu hal tersebut jadi rintaangan para orang tua karena banyaknya dampak negatif yang timbul pada penggunaan gadget oleh anak anak.

Psikolog Anak, Rininta Mey Tanoria mengungkapkan, saat anak sudah terpapar gadget sejak masih dini atau bayi, maka pertumbuhan beberapa yang tidak berkembang dengan bagus.

“Anak umur 0-2 tahun tidak boleh dikenalkan dengan gadget. Walupun itu tablet, smartphone, dan televisi. Mereka hanya bisa berkomunikasi dengan pengasuh atau orangtuanya. Karena kalau sudah terlanjur perkembangan golden age-nya akan terhambat,” ungkap Rininta saat ditemui pada acara mendidik anak generasi Z di era digital oleh CekAja.com dan edukasi finansial oleh DBS Treasures.

Selanjutnya saat anak sudah berumur di atas dua tahun, gadget yang boleh dikenalkan kepada anak adalah gadget yang hanya dipenuhi konten yang edukatif saja karena ada interaksi, dan mengajarkan berbahasa. Anak juga harus disamping bimbingan orangtua.

Saat anak sudah berusia 3-5 tahun harus dibatasi waktu penggunaanny hanya boleh main satu jam dalam waktu sehari.