Peneliti temukan bakteri untuk kesehatan

Ada penelitian di Inggris telah menemukan spesies bakteri baru. Bakteri itu memilki fungsi menjadi bakteri predator yang akan memakan bakteri jahat lain, sampai bisa menjadi senjata baru untuk melawan infeksi akibat bakteri.

Bakteri tersebut dinamakan Bdellovibrio Bacteriovorus yang kebiasaannya seperti “antibiotik hidup”. Peneliti mengungkapkan bahwa pada hewan yang diterbitkan pada Current Biologi, bakteri tersebut ini tidak mempunyai efek samping saat digunakan.

Para ilmuwan mengatakan, bakteri Bdellovibrio bisa berenang dengan cepat dan memakan bakteri lain dan ukurannya akan membesar.

Setelah habis memakan bakteri yang lain, bakteri jenis ini langsung mati sudah sudah kenyang. Tim dari Imperial College di London dan University of Nottingham melaksankan uji efektivitas pada bakteri itu untuk mengatasi kasus keracunan makanan yang mengakibatkan bakteri Shigella.

Bakteri Shigella yang diebrikan pada sebuah wadah dicampur dengan bakteri Bdellovibrio. hasilnya Dengan cepat pertumbuhan dan perkembangan bakteri Shigella mati 4 ribu kali lipat.

Pemeriksaan lebih lanjut dilakukan pada larva ikan dan diberi bakteri Bdellovibrio. Efektivitasnya hanya 60 persen.