Pembogkaran Makam Diktator Franco dari Valley of The Fallen Oleh PM Spanyol

Pembogkaran Makam Diktator Franco dari Valley of The Fallen Oleh PM Spanyol – Madrid – Pemerintah Spanyol merencanakan menyepakati dekrit yang memerintah perpindahan jasad diktator Francisco Franco dari monumen Valle de los Caídos atau Valley of The Fallen. Gagasan perpindahan itu awal mulanya sudah terlambat sebab penolakan dari keluarga Franco.

sesudah perpindahan di setujui, Perdana Menteri Pedro Sanchez memberikan keluarga Franco 15 hari untuk pilih tempat buat jasad diktator untuk disemayamkan kembali. Lebih dari 40 tahun sesudah ia wafat, masa Franco masih tetap jadi subyek yang peka di Spanyol.

Saat pemerintahan Franco pada 1939-1975, beberapa puluh ribu rivalnya meninggal serta dipenjara dalam kampanye untuk meniadakan ketidaksamaan opini. Sekitar 500.000 pejuang serta masyarakat sipil meninggal dalam perang saudara.

Merubah Valley of The Fallen, yang diikuti dengan salib setinggi 152 mtr., dari monumen yang memperingatkan kepemimpinan fasis jadi monumen rekonsiliasi untuk memeringati korban kebrutalan perang sipil, adalah ambisi dari Partai Sosialis.

Janji Sanchez untuk mengalihkan jasad Franco sebelum waktu jabatannya selesai ialah satu diantara beberapa aksi terpenting yang diperuntukkan untuk menarik pemilih sayap kiri, di samping mengatakan kabinet sebagian besar wanita serta sebelumnya terima semakin banyak migran yang diselamatkan di Mediterania.

Gagasan untuk menyepakati ketetapan itu muncul saat spekulasi berkembang jika Sanchez kemungkinan membuat penentuan awal bila pemerintahannya, yang mengatur kurang dari seperempat kursi di parlemen, tidak berhasil merayu beberapa anggota parlemen untuk memberi dukungan anggarannya di hari Rabu.

Keluarga Franco menjelaskan jika jasad sang diktator itu didepak, jadi mesti dipindahkan kembali di Katedral Katolik Roma Almudena di Madrid pusat. Tempat putrinya disemayamkan serta dimana keluarga mempunyai ruangan pemakaman. Tapi satu laporan pemerintah Desember lantas menyimpulkan jika katedral itu tidak pas menjadi tempat pemakaman sebab fakta keamanan.

Keturunan Franco punya maksud untuk ajukan banding atas ketetapan apapun untuk mengalihkan jasad Franco.