Menstruasi tingkatkan Resiko Infeksi Bakteri

Penting bagi seorang wanita untuk menjaga kebersihan di bagian area organ intim. Apalagi pada saat sedang mengalami menstruasi atau haid pada setiap bulannya.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Rumah Sakit Mitra kemayoran, Jakarta yang bernama Liva Wijaya berkata, kntaminasi bakteri dapat meningkat pada saat menstruasi. Penyebabnya adalah pada saat menstruasi pada area organ intim wanita akan menjadi lebih lembab.

Dari kelembapan inilah yang menyebakan perkembangbiakkan berbagai bakteri jahat yang lebih meningkat menjadi banyak dan dapat memudahkan iritasi atau luka.

“nutrisi bakteri didapatkan dari darah ini, bisa tumbuh menjadi banyak. Saat terjadi keaadaan menstruasi pH-nya akan sedikit berubah, kalu stimuno tubuh ga kuat, bakteri akan tumbuh menjadi inveksi vulva pada vagina,” ungkap Liva dalam diskusinya diJakarta, pada hari Kamis.

pH yang meningkat di area organ intim kewanitaan juga berakibat bakteri baik lactobasilus tidak mengalami pertumbuhan. Vagina yang sehat harus memiliki pH sekitan 3,8-4,5. Untuk itulah sangat penting kususnya wanita untuk selalu menjaga kebersihan organ intim pada saat menstruasi untuk terhindari dari berbagai infeksi bakteri pada organ kewanitaan.