Home / Uncategorized / Mengulik Dari Sumber Dana Yang Didapat Oleh ISIS

Mengulik Dari Sumber Dana Yang Didapat Oleh ISIS

Kelompok militan Islam Suriah ISIS memang merupakan sebuah kelompok teroris yang paling berbahaya saat ini. ISIS semakin lama semakin memang semakin menggila dengan mereka baru saja meneror kota Paris, Prancis. Namun, sebenarnya dana operasional yang digunakan oleh ISIS ini darimana? apakah ada sosok yang menyuplai dana kepada teroris tersebut?

Sebuah kabar baru yang mengatakan, bahwa kelompok yang menamakan diri mereka ISIS ini memperoleh dana sebanyak 80 juta dollar AS per bulannya. Ini merupakan jumlah yang sangat banyak bukan? Adapun sekitar 43 persen sumber dana ini berasal dari penjualan minyak. Dan sisanya berasal dari hasil penyelundupan narkotika, penjualan listrik, dan bantuan dari oknum yang belum jelas.

Laporan yang dibuat oleh IHS Inc, pengawas keuangan yang bertempat di Inggris, menampilkan bahwa ada sebanyak 50 persen pendapatan ISIS ini berasal dari aset rampasan dan tuntutan pajak di daerah-daerah yang telah mereka kuasai saat ini.

“Berbeda seperti jaringan Al Qaeda, ISIS tak bergantung kepada dana dari para donatur-donatur asing. Ini agar mereka tak bisa terpengaruh oleh para donatur,” ujar Columb Strack, selaku pimpinan analis di IHS. “Penelitian kami menampilkan, nilai sumbangan dari luar untuk ISIS lebih sedikit ketimbang dengan sumber-sumber pendapatan lain yang mereka dapatkan,” tambahnya.

About admin