Home / Berita Umum / Massa Buruh Gelar Aksi Demo Maraton di Pabrik-pabrik di Brebes

Massa Buruh Gelar Aksi Demo Maraton di Pabrik-pabrik di Brebes

Massa Buruh Gelar Aksi Demo Maraton di Pabrik-pabrik di Brebes – Massa buruh yang terhimpun dalam Serikat Buruh Merdeka Indonesia (Sebumi) mengadakan tindakan demo dengan maraton di pabrik-pabrik di Brebes ini hari. Mereka menuntut kenaikkan Gaji Minimal Kota/Kabupaten (UMK) sebesar 100 % pada tahun 2019.

Beberapa buruh ini mengawali tindakan demo di muka PT Bintang Indokarya Cemerlang (BIG) di Kecamatan Tanjung. Sesudah berorasi di pabrik sepatu ini, massa berubah ke PT Selim, dilanjut ke PT Ilsung serta PT Yeon Heung Megasari serta PT Daihan Global. Setelah itu mereka berjalan ke pabrik-pabrik yang berada di jalan pantura Brebes. Paling akhir massa pendemo mengadakan demo di Pendopo Brebes.

Dalam tindakan demo ini, beberapa buruh yang berafiliasi pada Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) menuntut pihak perusahaan untuk meningkatkan baku gaji minimun pada 2019.

Bambang Suhendi, koordinator tindakan demo buruh menyatakan, baku UMK sekarang ini di Kabupaten Brebes begitu kurang untuk penuhi keperluan hidup keseharian. Dengan gaji Rp1.542.000 per bulan, beberapa buruh kesusahan menghidupi keluarga walau dengan baku yang begitu minim.

“Yang kami pertanyakan ialah mengapa di daerah Karawang serta daerah lainnya UMK semakin besar di banding Brebes. Walau sebenarnya harga keperluan inti seperti beras serta yang lain sama di semua daerah,” tutur Bambang Suhendi pada wartawan.

“(Mengharap) Kenaikkan gaji yang kami tuntut sebesar 100 % dari UMK saat ini. Ini dilandasi pertimbangan harga keperluan inti yang selalu alami kenaikkan,” tegas Bambang.

Tidak hanya tuntutan masalah kenaikkan UMK, Bambang menjelaskan mereka menekan selekasnya di stop intimidasi pada buruh wanita. Dimana mereka seringkali mendapatkan perlakuan kasar saat kerja.

“Seringkali berlangsung ada buruh dimaki-maki. Selalu mereka ikut tidak mendapatkan hak cuti haid,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perindustrian serta Tenaga Kerja Kabupaten Brebes, Zaenudin yang ada di Pendopo Brebes waktu tindakan itu berjalan menuturkan, pemkab telah menyarankan kenaikkan gaji sebesar 8 % dari Rp1.542.000 jadi Rp.1.665.850.

“Telah diusulkan serta tinggal menanti surat ketetapan Gubernur,” kata Zaenudin.

Kenaikkan gaji sebesar Rp1.665.850 itu lebih Zaenudin, buat pekerja baru atau waktu kerja 0 %. Diluar itu, jumlahnya kenaikkan yang diusulkan telah sama dengan baku hidup wajar di Kabupaten Brebes.

“Ini telah sama dengan baku hidup wajar di Brebes serta sama dengan perkembangan ekonomi serta inflasi daerah,” ujarnya.

About admin