Made Oka Di Sangka Turut Serta Dalam Perkara Korupsi

Made Oka Di Sangka Turut Serta Dalam Perkara Korupsi¬† – Istri Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor mengakui udah menyerahkan uang Rp 5 miliar pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Uang itu untuk ganti uang yang dikasihkan keponakan Novanto, Irvanto Hendra Pambudi, untuk kebutuhan Partai Golkar. Hal semacam itu dijelaskan Deisti waktu bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Selasa (4/8/2018). Deisti bersaksi untuk terdakwa Irvanto Hendra Pambudi serta Made Oka Masagung. ” Udah diberikan ke KPK, saya sendiri yang berikan Rp 5 miliar, ” tutur Deisti.

Awalannya, pengacara Irvanto, Waldus Situmorang, menyampaikan jika kliennya mengakui terima uang dari entrepreneur Andi Agustinus alias Andi Narogong, salah satunya entrepreneur dalam project pengadaan Kartu Sinyal Masyarakat berbasiskan elektronik (e-KTP). Menurut Waldus, dalam berita acara pengecekan (BAP), Irvan mengakui uang itu dimanfaatkan untuk kebutuhan musyawarah nasional mengagumkan (Munaslub) Partai Golkar. Dalam perkara ini, Made Oka Masagung serta Irvanto didakwa berubah menjadi penghubung uang suap untuk eks Ketua Fraksi Partai Golkar, Setya Novanto.

Made Oka disangka turut serta dalam perkara korupsi pengadaan Kartu Sinyal Masyarakat berbasiskan elektronik (e-KTP) tahun 2011-2013. Made Oka serta Irvanto juga didakwa merekayasa proses lelang dalam project pengadaan e-KTP. Irvan juga didakwa berubah menjadi penghubung suap untuk beberapa anggota DPR RI.

Kecuali memperkaya Setya Novanto, perbuatan Irvan serta Made Oka disangka udah memperkaya beberapa orang serta korporasi. Perbuatan yang dikerjakan berbarengan itu udah menyebabkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 2, 3 triliun.