KPU: Persentase Hasil Suara Pemilu Di Luar Negeri Yang Beredar Via Medsos Adalah Hoaks

KPU: Persentase Hasil Suara Pemilu Di Luar Negeri Yang Beredar Via Medsos Adalah Hoaks – Ketua Komisi Penentuan Umum (KPU) Arief Budiman menyatakan perbandingan hasil nada penentuan umum di luar negeri yang tersebar lewat media sosial yaitu hoax. Lantaran, hitung nada di luar negeri akan dikerjakan serentak dengan hitung dalam negeri, ialah 17 April 2019.

” Jadi kalaupun telah ada yang keluarkan launching hasil itu, itu bukan hasil dikeluarkan oleh KPU. Lantaran memang engga ada itu (hoax) , ” tuturnya di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (10/4) .

Ia menyangka perbandingan nada pemilu luar negeri yaitu hasil survey yang dicatut pelaku tidak bertanggungjawab serta ditebar. Seakan, KPU sudah melaunching hasil hitung nada sah di luar negeri.

” Terkecuali, memang (mungkin) ada beberapa orang yang mengerjakan survey, mengerjakan dengan sistem exitpoll serta semua macem itu, ” katanya.

Arief memaparkan, hitung nada di luar negeri tidak berlangsung sebelum 17 April 2019. Soal ini dipicu, ketentuan KPU menyebutkan hitung dikerjakan serentak dengan hasil pungutan suara di negeri.

” Jadi yang dikerjakan di luar negeri itu pengambilan suaranya saja, lantaran memang diskedulkan lebih awal. Tetapi dihitungnya suaranya itu masih dikerjakan tanggal 17 April 2019, ” tutupnya.