Home / Berita Umum / Kontras Berharap Pelaku Kejahatan Anak Dihukum Seumur HidupKontras Berharap Pelaku Kejahatan Anak Dihukum Seumur Hidup

Kontras Berharap Pelaku Kejahatan Anak Dihukum Seumur HidupKontras Berharap Pelaku Kejahatan Anak Dihukum Seumur Hidup

Beberapa waktu terakhir ini, memang banyak sekali kasus kejahatan yang melibatkan anak dibawah umur. Entah itu kasus asusila maupun kasus kriminal lainnya seperti pembunuhan dan lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa mental bangsa ini mengalami kemunduran. Namun, belum ada tindak hukum yang tegas terkait kejahatan tersebut.

Melihat situasi tersebut, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan atau disingkat (Kontras) merasa kalau hukuman yang paling pantas untuk para pelaku kejahatan anak yakni pidana penjara seumur hidup. Hukuman itu dinilai sudah cukup memberikan efek jera untik para pelaku yang tiap hari makin tumbuh.

“Mekanisme yang dapat dipilih, yakni dapat divonis. Misal seperti 20 tahun penjara, atau kurungan seumur hidup bagi para pelaku,” ujar Putri Kanesia selaku Tim Divisi Pembelaan Hak Sipil dan Politik KontraS ketika dia berada di Kantor KontraS, hari Jumat kemarin.┬áPutri juga menambah, vonis hukuman penjara seumur hidup sudha terbilang berat dan mampu membuat efek jera daripada harus memberikan vonis hukuman mati yang dirasa tak efektif.

Putri juga berkata lagi, usai diketahui derajat keterkaitannya, baru bisa diangsungkan proses hukum yang adil seperti dengan tindak pidana yang telah dilakoni oleh pelaku. “Jangan sampai lalu ada pelaku yang divonis dengan hukuman yang tak layak, saya rasa seumur hidup lebih efektif dari pada pidana mati,” tambah dia.

About admin