Kemendagri Masimalkan Peran Camat Untuk Percepat Penyerapan Dana Desa

Sebagaimana yang telah diketahui, kalau penyerapan dana desa di kebanyakan kecamatan di negara Indonesia diklaim sangat tak lancar dan mengalami perlambatan. Hal ini membuat pemerintah untuk bertindak tegas, yang mana dikabarkan kemendagri Cahjo Kumolo ingin memaksimalkan peran camat guna mengatakan masalah tersebut.

Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) ingin memaksimalkan soal kontribusi camat, khususnya sebanyak187 camat di wilayah perbatasan guna menyegarakan penyerapan dana desa. Tjahjo Kumolo pun juga menyebut telah memberi instruksi pengiriman telegram kepada camat terkait. Ia mengimbau agar camat menguataman pembangunan lebih dari 6.000 desa yang tak memiliki kantor yang bagus.

“Proses pertama khusus desa di wilayah perbatasan dan gapura atau batas perbatasan untuk dibenahi dengan segera. Akhir 2015 nanti harus rampun dengan bersamaan dengan kementrian lain yang telah berlangsung pembangunan program tersebut,” ungkap Tjahjo lewat sms kepada seorang jurnalis, hari Jumat kemarin.

Pesan singkat dengan bunyi yang sama juga dikirimkan kepada sejumlah bupati serta wali kota terkait di diseluruh Indonesia. Cahjo juga meminta agar penyerapan dana desa dipercepat. “Tak begitu bertahap, soalpetunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis kepala daerah dibikin sesederhana mungkin,” tambah Tjahjo.