Home / Uncategorized / FBI Bantu KPK Usut Kasus E-KTP

FBI Bantu KPK Usut Kasus E-KTP

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membetulkan merajut hubungan kerja dengan Federal Bereau Of Investigation (FBI) Amerika Perkumpulan untuk mengusut aliran dana berkaitan masalah sangkaan korupsi project ktp berbasiskan elektronik (e-KTP).

Dalam hubungan kerja itu KPK mengakui sudah mengantongi beberapa alat bukti ada tanda-tanda aliran dana korupsi e-KTP ke beberapa petinggi Indonesia.

Dana yang disangka mengalir ke petinggi itu datang dari Johanes Marliem, satu diantara saksi kunci korupsi e-KTP yang diketemukan tewas di Amerika Perkumpulan.

” Kami telah bekerjasama dengan FBI serta selalu bekerjasama berkaitan pengumpulan bukti perlakuan perkara ini (e-KTP). Beberapa bukti sudah kita kantongi, ” tutur Juru bicara KPK Febri Diansyah pada wartawan, Kamis (5/10/2017).

Seperti dikabarkan terlebih dulu, Johanes Marliem sebelumnya diketemukan tewas, FBI sempat mengecek Johanes berkaitan kepemilikan aset elegan serta tunggakan pajak di Amerika Perkumpulan. Johanes Marliem yaitu pelaksana pelaksanaan software IT e-KTP.

Dia sudah geser kewarganegaraan Amerika Perkumpulan. Di peradilan Amerika Perkumpulan, Marliem menyebutkan memperoleh bayaran dari project e-KTP sebesar USD13 juta atau sama dengan Rp130 miliar.

Pembayaran dengan rentang saat Juli 2011-Maret 2014. Marliem juga menyebutkan sempat memberi uang dan jam elegan pada beberapa petinggi Indonesia. Info yang dikumpulkan, uang sebesar USD700 ribu serta jam tangan sejumlah USD 135 ribu.

Arloji elegan itu disangka di terima Ketua DPR Setya Novanto. Marliem juga mengakui memberi uang sebesar USD 1 juta pada pihak ke-3 yang kalah dalam tender e-KTP.

Febri menyebutkan, pihaknya belum juga dapat membeberi detil bukti berkaitan masalah e-KTP yang didapat dari FBI. Dia cuma menyatakan ada tanda-tanda kuat aliran dana ke beberapa petinggi di Indonesia.

” Ini menyatakan kalau sistem perlakuan perkara tanda-tanda korupsi e-KTP masih tetap selalu jalan serta kami memiliki komitmen untuk menyelesaikan itu, ” tegasnya.

About