Home / Mancanegara / China Menangkap Dua Warga Negara Asing Mengambil Rahasia Negara

China Menangkap Dua Warga Negara Asing Mengambil Rahasia Negara

China Menangkap Dua Warga Negara Asing Mengambil Rahasia Negara  – China sudah menuduh masyarakat Kanada Michael Kovrig mengambil rahasia negara yang lalu diserahkan pada seseorang masyarakat Kanada lainnya, Michael Spavor.

Ke-2 masyarakat ini telah ditahan semenjak awal Desember, serta dakwaan China ini diprediksikan akan tingkatkan ketegangan pada Kanada serta Beijing.

Spavor seseorang entrepreneur yang kerja di Korea Utara, serta bekas diplomat Kovrig ditahan awal Desember lantas tidak lama sesudah Kanada meredam direktur keuangan perusahaan tehnologi China, Meng Wangzhou yang melawan proses ekstradisi ke Amerika Serikat.

China berkali-kali menekan supaya Meng dibebaskan, serta bereaksi geram minggu lantas saat pemerintah Kanada menyepakati proses ekstradisi pada Wangzhou.

Komisi Hukum serta Politik Partai Komunis China menjelaskan Kovrig seringkali masuk ke China memakai paspor biasa serta visa usaha ‘mencuri serta lakukan tindak mata-mata pada info serta data intelijen China melalui kontak di China.”

“Spavor ialah kontak penting Kovrig serta memberi data intilejen padanya,” kata komisi itu tiada memberi perincian selanjutnya.

Diteruskan jika Kovrig banyak melanggar hukum China serta negeri itu akan mengawali proses hukum terhadapnya pada saatnya.

“China ialah negara berdasar pada hukum serta akan ambil aksi pada aksi kriminil yang meneror keamanan nasional.”

Kovrig sekarang ini kerja untuk instansi International Crisis Grup (ICG), dengan konsentrasi resolusi perseteruan serta menyanggah sudah bertindak mata-mata.

Kementerian Luar Negeri Kanada belumlah memberi komentar tentang perihal ini sesaat ICG menjelaskan belumlah terima dakwaan sah atas perihal itu.

“Kerja Michael Kovrig di ICG semua transparan serta terbuka,” kata jubir ICG Karim Lebhour.

“Dakwaan samar serta tidak ada bukti terhadapnya ialah aksi yang tidak adil.”

About admin